Tentang Kami


KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI DKI JAKARTA
Gedung Praja Gambir Jl. Budi kemuliaan No. 12 Lantai 4 – 7 Jakarta Pusat 10110
Telp.: (021) 3508158 Fax.: (021) 3854211
Website resmi KPU DKI JAKARTA

Komisioner
Ketua Drs. Sumarno, M.Si
Anggota Dahliah Umar, S.Ag,MA
Drs. Moch. Sidik, M.Si
Betty Epsilon Idroos, M.Si
Mohammad Fadillah, S.Sos
Sekretaris Drs. H. Achmadi, MM

About me:

Hai bro, welcome, nice to u…
Pemilu sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi, pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana kedaulatan kita, sarana partisipasi kita, memilih pemimpin politik dan sarana sirkulasi elit. Sukses pemilu setidaknya ditentukan oleh tiga hal yaitu: proses penyelenggaraan, aturan-aturan hukum, dan penegakan hukum. Proses pemilihan menyangkut tentang penyelenggaranya, pesertanya, tahapan, logistik dan distribusi serta pemantau. Adapun aturan pemilu terkait dengan sistem pemilihan umumnya, bagaimana metode pembagian daerah pemilihan, metode pencalonan, metode pemberian suara, serta metode penetapan pemenang, etc…..

Salah satu unsur dalam proses penyelenggaraannya adalah, perlu penyelenggara pemilihan umum yang mandiri dan profesional. Konstitusi Negara kita pada pasal 22 E telah menegaskan tentang perlunya suatu lembaga penyelenggara pemilihan umum, yang disebut sebagai suatu komisi pemilihan umum bersifat nasional, tetap, dan mandiri, yang kemudian diatur lebih lanjut terakhir dengan UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu.

Kami bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemilu. Kami bersifat nasional, tetap dan mandiri, bersifat “nasional”dimaksudkan bahwa kami sebagai penyelenggara pemilu mencakup seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. Sifat “tetap”dimaksudkan bahwa kami sebagai lembaga menjalankan tugasnya secara berkesinambungan, meskipun keanggotaan kami (komisioner) dibatasi oleh masa jabatan tertentu. Bersifat “mandiri”dimaksudkan bahwa dalam menyelenggarakan pemilu, kami bersikap mandiri dan bebas dari pengaruh pihak manapun. Kami melaksanakan tugas semata-mata berdasarkan Undang-Undang dan melaporkan pelaksanaannya secara periodik kepada Presiden dan DPR.

Untuk menyeleksi keanggotaan kami, Presiden membentuk tim Seleksi berjumlah 5 orang yang berasal dari unsur akademisi, profesional dan tokoh masyarakat yang memiliki integritas dan tidak menjadi anggota parpol dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Untuk memilih calon anggota KPU, Tim Seleksi melakukan penelitian administrasi, ujian tulis, rekam jejak dan wawancara, hasil dari proses seleksi tersebut, Tim Seleksi menyampaikan 21 nama bakal calon anggota KPU kepada Presiden, Presiden menetapkan 21 nama calon anggota KPU kepada DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan, DPR memilih dan menyusun urutan peringkat dari 21 nama calon anggota KPU berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. DPR menetapkan 7 (tujuh) peringkat teratas dari 21 nama calon anggota KPU kepada Presiden untuk disahkan sebagai anggota KPU dengan keputusan Presiden.

Untuk seleksi anggota KPU Provinsi, KPU membentuk tim seleksi sebanyak lima orang yang terdiri dari satu orang anggota yang diusulkan oleh gubernur, dua orang ditunjuk oleh DPRD Provinsi melalui rapat paripurna, dan dua orang diajukan oleh KPU. Tim seleksi melakukan penelitian administrasi, ujian tertulis, rekam jejak dan wawancara. Setelah itu tim seleksi mengajukan 10 nama calon anggota KPU Provinsi hasil seleksi kepada KPU. KPU melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 nama calon anggota KPU Provinsi dan menyusun peringkat nama calon berdasarkan uji kelayan dan kepatutan tersebut. KPU menetapkan 5 peringkat teratas dari 10 nama calon anggota KPU Provinsi sebagaimana dimaksud sebagai anggota KPU Provinsi terpilih.

Untuk anggota KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi membentuk tim seleksi sebanyak lima orang yang terdiri dari satu orang anggota yang diusulkan oleh gubernur, dua orang ditunjuk oleh DPRD Kabupaten/Kota melalui rapat paripurna, dan dua orang diajukan oleh KPU Provinsi. Tim Seleksi melakukan penelitian administrasi, ujian tertulis, rekam jejak dan wawancara. Setelah itu Tim Seleksi melakukan mengajukan 10 nama calon anggota KPU Kabupaten/Kota hasil seleksi kepada KPU Provinsi. KPU Provinsi melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 nama calon anggota KPU Kabupaten/Kota dan menyusun peringkat nama calon berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan tersebut. KPU Provinsi menetapkan 5 peringkat teratas dari 10 nama calon anggota KPU kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud sebagai anggota KPU Kabupaten/Kota terpilih.

Masa keanggotaan kami adalah 5 tahun sejak pengambilan sumpah/janji.

Kami dalam melaksanakan pemilu berlandaskan pada asas-asas; mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggara pemilu, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi dan efektivitas. Dengan Visi, Misi dan Tugas Kewenangan Kami sbb:

VISI : Terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berkualitas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI :
1. Membangun lembaga penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki kompetensi, kredibilitas dan kapabilitas dalam menyelenggarakan Pemilihan Umum;
2. Menyelenggarakan Pemilihan Umum untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Presiden dan Wakil Presiden serta Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, akuntabel, edukatif dan beradab;
3. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum yang bersih, efisien dan efektif;
4. Melayani dan memperlakukan setiap peserta Pemilihan Umum secara adil dan setara, serta menegakkan peraturan Pemilihan Umum secara konsisten sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
5. Meningkatkan kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilihan Umum demi terwujudnya cita-cita masyarakat Indonesia yang demokratis.

Sedangkan tugas dan kewenangan kami diatur dalam Pasal 10 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum dan Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 1999 tentang Pembentukan Komisi Pemilihan Umum dan Penetapan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Komisi Pemilihan Umum, dijelaskan bahwa untuk melaksanakan Pemilihan Umum, KPU mempunyai tugas kewenangan sebagai berikut :
1. merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum;
2. menerima, meneliti dan menetapkan Partai-partai Politik yang berhak sebagai peserta Pemilihan Umum;
3. membentuk Panitia Pemilihan Indonesia yang selanjutnya disebut PPI dan mengkoordinasikan kegiatan Pemilihan Umum mulai dari tingkat pusat sampai di Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut TPS;
4. menetapkan jumlah kursi anggota DPR, DPRD I dan DPRD II untuk setiap daerah pemilihan;
5. menetapkan keseluruhan hasil Pemilihan Umum di semua daerah pemilihan untuk DPR, DPRD I dan DPRD II;
6. mengumpulkan dan mensistemasikan bahan-bahan serta data hasil Pemilihan Umum;
7. memimpin tahapan kegiatan Pemilihan Umum.
Dalam Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 1999 terdapat tambahan huruf:
1. tugas dan kewenangan lainnya yang ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum.
Sedangkan dalam Pasal 11 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tersebut juga ditambahkan, bahwa selain tugas dan kewenangan KPU sebagai dimaksud dalam Pasal 10, selambat-lambatnya 3 (tiga) tahun setelah Pemilihan Umum dilaksanakan, KPU mengevaluasi sistem Pemilihan Umum.

Silahkan mengingatkan kami bro, mengontrol dan menilai pelaksanaan tugas kami agar selalu berdasarkan azas-azas pelaksanaan pemilu yang diamanatkan undang undang tsb.
Kami coba bikin blogs ini dengan harapan dapat bermanfaat, share information, knowledge etc…. Mohon dimaafkan jika isinya serba kurang mengingat kami juga mempunyai keterbatasan, upload data dan informasi pada blogs ini didasarkan pada permintaan…Blogs ini syukur-syukur dapat diterima dan berguna… dan kami happy .. bila bro bersedia comment, yang kritis, nggak ngejunk.. dengan berbagai argument… sopan.. nggak ada yang maki-maki kasar.. at least .. pelan-pelan kita semua akan semakin kritis, demokratis… and smart…
So… sit, relax and enjoy reading and writing comments in we’re blogs… thanks..
feel free if u go to we’re office, want to send me e-mail at kpudki@yahoo.com , or follow me on , facebook

5 Balasan ke Tentang Kami

  1. sugiarto mengatakan:

    up date terus beita seputar perkembangan demokrasi dan kepemiluan,,bravo kpu dki

  2. eki mengatakan:

    websitenya ok.. apalagi jika daftar pemilih tetap (DPT) bisa dilihat oleh masyarakat. itu lebih bagus lagi..

    tnks

    • kpu jakarta mengatakan:

      thanks… pada saatnya nanti DP4, DPS, DPT Pemilukada DKI Jakarta 2012 akan kita upload…

  3. pccontrol mengatakan:

    adain pooling biar seru.

  4. Erikson Panjaitan mengatakan:

    Tolong diupload untuk perolehan suara DPR tahun 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: