SIARAN PERS KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI DKI JAKARTA


Dalam rangka memenuhi kepentingan para pemangku kepentingan (stakeholders), termasuk masyarakat umum dan para jurnalis menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2012, Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menyampaikan beberapa informasi sebagai berikut:

1. Saat ini KPU Provinsi DKI Jakarta telah dan sedang mempersiapkan berbagai hal terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2012, antara lain :

a. Penyiapan berbagai infrastruktur pendukung, seperti perbaikan kantor dan perlengkapannya di KPU Provinsi dan enam (6) KPU Kab/Kota.

b. Menyiapkan dan memperkuat sumber daya manusia (personil KPU), baik melalui pelatihan-pelatihan maupun bentuk-bentuk peningkatan kapasitas lainnya

c. Membangun berbagai komunikasi dan kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah untuk mendukung pelaksanaan pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, seperti dengan pemerintah Daerah, DPRD, aparat keamanan, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dan lain-lain

d. Melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk berbagai kelompok masyarakat, baik dengan pendekatan spasial/kewilayahan maupun berdasarkan kelompok-kelompok fungsional.

e. Menyiapkan tidak kurang dari 30 (tiga puluh) keputusan yang akan menjadi dasar teknis petunjuk pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

2. Berbagai keputusan penting yang telah diputuskan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta, antara lain:

a. Keputusan tentang “Hari dan Tanggal Pemungutan Suara” Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta Nomor 01/Kpts/KPU-Prov-010/2011 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2012, bahwa pemungutan suara akan dilaksanakan pada hari RABU, 11 JULI 2012.

b. Keputusan tentang “Tahapan Program dan Jadual Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta”, berdasarkan Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta Nomor 02/Kpts/KPU-Prov-010/2011 tentang Tahapan, Program dan Jadual Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2012.

c. Keputusan tentang “Syarat pencalonan gubernur dan wakil gubernur dari jalur Partai Politik atau Gabungan Partai Politik berdasarkan perolehan suara sah dan perolehan kursi. Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta Nomor 05/Kpts/KPU-Prov-010/2011 tentang Jumlah Kursi dan Suara Sah Paling Rendah untuk Calon yang Diajukan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2012, bahwa:

Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dapat mengajukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur apabila memperoleh kursi paling rendah 15% (lima belas perseratus), yakni 15 kursi dari 94 kursi yang ada di DPRD Provinsi DKI Jakarta hasil Pemilu 2009
Partai politik dan gabungan partai politik dapat mengajukan calon apabila memperoleh suara sah paling rendah 15% (lima belas perseratus), yakni 539.986 (lima ratus tiga puluh sembilan ribu sembilan ratus delapan puluh enam) suara sah dari total jumlah suara sah pada pemilu DPRD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2009, sebesar 3.599.906 (tiga juta lima ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus enam) suara.
Keputusan tentang “Jumlah Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan”. Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta Nomor 04/Kpts/KPU-Prov-010/2011 tentang Persyaratan Dukungan dan Jumlah Sebaran Paling Rendah Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Umum Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Tahun 2012, bahwa untuk dapat mendaftarkan diri sebagai bakal Pasangan Calon Perseorangan adalah 407.340 (empat ratus tujuh tiga ratus empat puluh) jiwa atau 4% (empat perseratus) dari jumlah penduduk Provinsi DKI Jakarta sebesar 10.183.498 (sepuluh juta seratus delapan puluh tiga ribu empat ratus sembilan puluh delapan) jiwa. Selain itu, dukungan tersebut harus tersebar minimal di 4 (empat) Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta.
Demikian keterangan pers ini kami sampaikan.

Jakarta, 14 Desember 2011

KOMISI PEMILIHAN UMUM

PROVINSI DKI JAKARTA

KETUA,

ttd.

JURI ARDIANTORO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: