Bimtek Pengelolaan Media Center KPU DKI Jakarta


Dalam Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28F menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. Untuk memberikan jaminan terhadap semua orang dalam memperoleh informasi tersebut, maka pemerintah bersama dengan DPR telah menerbitkan undang – undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
KPU DKI Jakarta sebagai salah satu lembaga publik penting untuk melaksanakan ketentuan undang – undang tersebut. Mengawali persiapan pelaksanaan peraturan perundangan tersebut di lingkungan KPU DKI Jakarta, pada hari Rabu, 3 Agustus 2011 yang lalu, bertempat di Acacia Hotel Jl. Kramat Raya No 81 Jakarta Pusat, KPU DKI Jakarta menyelenggarakan bimbingan teknis dalam rangka mempersiapkan internal KPU DKI Jakarta agar berkompetensi dalam pengelolaan data dan informasi pada Media Center. Selain itu KPU DKI Jakarta dan KPU Kabupaten/Kota dilingkungan KPU DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan informasi public yang transparan dan akuntabel perlu menyiapkan personil Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi dan sarana pendukung lainnya .
Guna memudahkan dan menyamakan tindakan dalam pengumpulan dan pengolahan informasi, maka KPU DKI Jakarta perlu juga mengacu pada Standard OperatingProcedure (SOP) tentang pengumpulan dan pengolahan informasi yang berlaku dilingkungan Komisi Pemilihan Umum.
Tulisan ini dimaksudkan dibuat bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui dan mendalami lebih lanjut materi pada bimbingan teknis tersebut, karena materi-materi ini sangat penting sekali dalam memberikan pelayan informasi prima kepada masyarakat. Monggo di sedot materinya:
Pengelolaan Data dan Informasi Pemilu
Media Center, Strategi Terpadu Sosialisasi Pemilukada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: