KPU DKI Jakarta Sosialisasikan Teknis Pemilukada


Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (pemilukada) Provinsi DKI Jakar Tahun 2012 merupakan pemilukada yang akan digelar kedua kalinya setelah yang pertama pilkada Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2007. Sebagaimana pelaksanaan pemilu umumnya, pemilukada sesungguhnya merupakan tradisi politik dan manifestasi dianutnya paham demokrasi dalam sistem pemerintahan di Indonesia. Sebuah kehidupan negara yang demokratis selalu dilandasi prinsip bahwa rakyatlah yang berdaulat sehingga berhak terlibat dalam aktifitas politik.
Hak warga negara yang tak boleh diabaikan ini tentunya memiliki suatu spirit atau semangat yang tinggi untuk ikut serta secara sukarela dalam pemilu dan pemilukada, sekalipun berbagai kesibukan kesibukan yang dihadapi oleh Warga Jakarta.
Pemahaman dan lontrol dari semua fihak dalam proses pemilu dan pemilukada juga sangat diharapkan, sehingga proses penyelenggaraan diharapkan tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan sesuai dengan peraturan terkait teknis pelaksanaan pemilu dan pemilukada
Hal ini membutuhkan pendewasaan politik masyarakat yang hanya dapat dicapai, setidaknya melalui 5 hal yaitu:
• Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih
• Terhindar dari Black Kampain untuk masing masing peserta.
• Menghindari Politik Uang (Money Politic),
• Menghindari issu SARA yang dapat membuat gesekan gesekan dan sentimen negatif dalam masyarakat dan berpotensi perpecahan.
• Menerima kemenangan dengan kewajaran dan menerima kekalahan dengan jiwa besar, karena kekalahan adalah kemenangan yang tertunda.
Jika hal ini dapat dicapai maka pemilu dan pemilukada yang sejuk, aman ,dan damai akan dapat tercipta.
Oleh karena itu KPU DKI Jakarta menganggap penting melaksanakan Sosialisasi Peraturan terkait teknis pelaksanaan pemilukada. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang pemilukada dan dapat memberikan kontribusi pada pendewasan politik Warga Jakarta. Sosialisasi ini direncakan akan dilaksanakan pada:
1. Organisasi Kepemudaan dan Mahasiswa
2. Perempuan dan Pemilih dengan kebutuhan khusus
3. Organisasi Kemasyarakatan, LSM, dan Tokoh Masyarakat
4. Media Massa Cetak dan Elektronik
5. Partai Politik.

Pada Kamis, 11 Agustus 2011, KPU DKI Jakarta telah mensosialisasikannya pada OKP dan Mahasiswa, bertempat di Twin Plaza Hotel Jakarta Barat. Nara Sumber berasal dari internal KPU DKI Jakarta yang materinya dapat menjadi refrensi kita bersama, dibawah ini:
Pemilukada dan Demokrasi
Partisipasi Pemilih Muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: