Independensi KPU diuji, Andi Nurpati nyebrang ke Demokrat


Definisi independensi KPU kembali diuji,. Kalau sebelumnya elite-elite partai berusaha untuk bisa masuk KPU dan Bawaslu melalui rancangan perubahan undang-undang penyelenggara pemilu, kini public kaget dan seperti kocolongan karena sudah didahului oleh Anggota KPU, Andi Nurpati yang nyebrang ke Partai Demokrat sebagai pengurus di Divisi Komunikasi Partai Demokrat. Hal ini mengulang kejadian pada pemilu tahun 2004 lalu dimana Anggota KPU masa itu juga menyebrang ke parpol dan sekarang telah menahkodai sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.
Andi Nurpati pun siap mundur dari Komisi Pemilihan Umum, sebagai konsekwensi logis dari pilihannya.

Direktur Eksekutif Center for Electoral Reform (Cetro) Hadar Navis Gumay mengatakan,
“Enggak bisa dong seenaknya mengundurkan diri. Mentang-mentang sudah enggak ada kerjaan. Kalau jadi guru atau pekerjaan lain masih bisa. Ini masuk partai, sementara KPU kan nonpartai,” katanya. Menurutnya lagi “Andi harus diberhentikan melalui dewan kehormatan KPU. “Ini tugas Bawaslu menjadikan dan membawa Surat Keputusan (Kepengurusan Demokrat) sebagai temuan dan dibawa ke Dewan Kehormatan (KPU),”

Anggota KPU sebenarnya dilarang mundur kecuali dengan alasan kesehatan. Selain itu, seorang anggota KPU bisa mundur jika dianggap tidak memenuhi syarat tertentu. Secara otomatis kalau masuk parpol maka dia harus keluar karena tidak memenuhi syarat sebagai anggota KPU. Cuma yang menjadi masalah disini, keluarnya dari KPU dengan mengundurkan diri atau dipecat, karena menyangkut indenpendensi dan etika. Bahkan seperti politisi PDIP Ganjar Pranowo, seperti yang diberitakan okezone, Jumat (18/6/2010). yang mengatakan “Apa yang dilakukannya entah disadari atau tidak telah menggugurkan pendapat mengenai independensi KPU. Sudahlah jangan berpura-pura atau sok populis lebih baik rasakan apa yang dirasakan masyarakat. Kalau ditanya pasti enggak mau ngaku kecurigaan masyarakat akan semakin menggumpal nantinya,”

2 Balasan ke Independensi KPU diuji, Andi Nurpati nyebrang ke Demokrat

  1. sukardy hamzah mengatakan:

    Kasus diamana salah satu anggota anggota KPU melakukan pelanggaran Idependensi seperti ini, cukup menjadi variabel evaluasi baru selanjutnya dalam penyusunan berbagai aturan tentang klasifikasi, kompetensi dan kredibilitas seorang anggota KPU harus bener-benar secara jeli dilihat dan dianalisa berbagai kemungkinan yg dapat mencederai independensi KPU ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: