Parpol Jadi Anggota KPU Langgar Konstitusi


JAKARTA–MI: Usulan perubahan dalam UU No 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu yang mengizinkan parpol menjadi anggota KPU dinilai melanggar konstitusi.
“Jelas dalam konstitusi dinyatakan KPU itu lembaga nasional, tetap, dan mandiri. Mandiri di sini yaitu non-partisan,” ujar pengamat politik LIPI Syamsudin Haris dalam diskusi Independensi dan Komposisi Penyelenggara Pemilu di Jakarta, Jumat (4/6/2010).
Menurutnya anggota partisan akan menghilangkan unsur independensi KPU sebagai badan penyelenggara pemilu. Lanjut dia utarakan terganggunya kemandirian tidak hanya menimbulkan kekacauan dalam proses pemilu tetapi juga kehidupan berbangsa.
Dinilainya keterlibatan parpol dalam lembaga penyelenggara pemilu sebagai sesuatu yang tidak masuk akal. “Pemain jadi wasit itu enggak masuk akal,” jelasnya.
Hal itu diamini oleh pengamat politik UI Boni Hargens. Pada kesempatan yang berbeda, Boni menyatakan kemandirian KPU harus dipertahankan. “KPU sebagai wasit harus independen,” ujarnya.
Usulan parpol menjadi anggota KPU dinilainya bermotif kekuasaan dan keleluasaan dalam pelaksanaan Pemilu. “Motifnya mendapatkan kekuasaan melalui konspirasi di Badan penyelenggara,” pungkasnya.
Penilaian sama datang dari koordinator TEPI Jeirry Sumampow. “Motifnya ya biar lebih leluasa bermain di pemilu untuk kepentingan politik parpol, terutama 9 parpol yang ada,” ujar Jeirry.
Lebih lanjut dia melihat masuknya parpol dalam KPU akan menghilangkan fungsi badan penyelenggara pemilu. “Ini akan merusak KPU, hilang fungsi kontrol atas parpol yang melanggar aturan di pemilu,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: