COBLOS TEMBUS


Komisi Pemilihan Umum tanggal 25 Mei 2010 mengedarkan Surat Nomor 313/KPU/V/2010 untuk menindaklanjuti surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Kidul Nomor 276.3/2585 tanggal 23 April 2010 yang menyangkut hal-hal sebagai berikut :
1. Berdasarkan ketentuan Pasal 27 Peraturan KPU Nomor 72 Tahun 2009 tentang Pedoman Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Di Tempat Pemungutan Suara, yang pada intinya menyatakan bahwa suara sah jika tanda coblos hanya pada salah satu pasangan calon atau coblos dua kali tetapi masih dalam satu kolom.
2. Berkenaan telah dicetaknya surat suara dengan satu muka, bahwa untuk menghindari coblos tembus yang dapat mengakibatkan suaranya tidak sah untuk menghindari terjadinya hal tersebut, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota perlu mengadakan bimbingan teknis sebelum pemungutan suara bagi para anggota KPPS agar pemilih tidak keliru dalam pembukaan surat suara. Ketua KPPS menjelaskan kepada pemilih sebelum surat suara dicoblos, terlebih dahulu surat suara dibuka lebar-lebar dan diperlihatkan kepada Ketua KPPS untuk menunjukkan bahwa surat suara benar-benar tidak rusak dan tidak sobek dan juga untuk menghidari terjadinya coblos tembus.
3. Sehubungan dengan angka 1 dan angka 2 di atas, maka sambil menunggu revisi peraturan KPU, apabila terjadi coblos tembus, suara pada surat suara dinyatakan sah sepanjang coblos tembus tersebut tidak mengenai kolom pasangan calon lainnya.
Sumber: kpu.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: