Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik


Kita patut bersyukur karena sejak 1 Mei 2010 lalu Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mulai berlaku.. Salah satu tujuan penerapannya adalah dalam rangka mewujudkan negara demokrasi yang sehat yang makin mampu mensejahterakan rakyatnya.
Saat ini, informasi menjadi kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting dari ketahanan nasional bangsa Indonesia. Masyarakat atau bangsa yang tidak well informed akan tertinggal dan bahkan mudah tertindas oleh bangsa lain. Keterbukaan Informasi Publik (KIP) juga merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang hendak mewujudkan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governance), artinya ada kepastian hukum, transparan, akuntabilitas, dan profesional..
Setiap lembaga public dan orang-orang yang memegang jabatan structural/fungsional didalamnya harus memahami benar tentang KIP, atau akan berhadapan dengan gugatan masyarakat yang makin cerdas dan makin peduli pada nasib bangsa dan negara ini.
Ada persepsi yang kurang tepat tentang keterbukaan informasi public yang diinterpretasi seperti UU Keterbukaan Pers. Padahal yang dimaksud adalah keterbukaan instansi-instansi publik dalam informasi publik.
Agar bisa sama-sama kita memahami dan menerapkan KIP, silahkan klik disini:
UU KIP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: